Potensi Perikanan PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 26 Desember 2011 09:15

 

alt

Peluang usaha penangkapan di daerah ini sangat besar, karena adanya kultur masyarakatnya yang telah dikenal sebagai pelaut atau pelayar yang ulung di Indonesia. Dengan demikian memiliki prospek pengembangan usaha penangkapan, baik usaha penangkapan ikan pelagis besar (tuna hand line, long line, pole and line dan pancing tonda), usaha penangkapan ikan pelagis kecil (purse seine, gill net, payang dan bagan apung) serta ikan demersal (bubu, pancing ulur dan gill net dasar).

Ikan demersal yang sering tertangkap di perairan Kabupaten Buton secara ekonomis dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, yakni: ikan demersal yang memiliki nilai komersial utama antara lain: Kerapu (Serranidae), Bawal putih (Pampus spp), Kakap (Lates calcarifer), Manyung (Ariidae), Bambangan (Lutjanidae), Jenaha (Lutjanus johni), Kuwe (Carangoides spp), Nomei (Harpodonidae) dll.

alt

 

 

alt

Saat ini usaha budidaya Mutiara terutama jenis Mutiara Blister (Setengah bundar) juga  telah dapat dilaksanakan oleh masyarakat pesisir Selat Buton dan Teluk Kapontori secara mandiri dan dengan skala usaha yang relatif kecil. Khusus di Teluk Kapontori sejak tahun 2005 telah memproduksi bibit dari kolektor-kolektor yang dipasang oleh masyarakat setempat dengan produksi bibit sebanyak 7.078.300 ekor sedangkan produksi biji Mutiara Blister mencapai 32.000 biji. 

Khusus untuk sektor kelautan dan perikanan yang melalui kegiatan SKIM kredit perikanan dengan pola kemitraan antara Pemerintah Daerah, BRI dan pengusaha perikanan, sampai saat ini baru terealisasi sebesar Rp. 5 Milyar. Dana tersebut pergulirannya telah berkembang sukses hingga mencapai Rp. 7 Milyar dan menjangkau 2.093 KK pemanfaat.

 

 

 

alt

Budidaya rumput laut sangat populer di Masyarakat Pesisir dan dilaksanakan hampir diseluruh kecamatan dan pesisir di Kabupaten Buton. Usaha ini merupakan usaha pembudidayaan rakyat yang dilaksanakan oleh kelompok-kelompok pembudidaya dengan skala usaha yang relatif masih kecil namun karena hampir seluruh masyarakat pantai di Kabupaten Buton melaksanakan kegiatan usaha budidaya rumput laut ini, maka volume produksi mencapai 15.071,88 ton .

 

Berita Perikanan :


1. Ikan Duyung Tertangkap Sero Nelayan Buton

 

 

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 01 April 2013 10:35
 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014