Bupati Resmikan Penggunaan Puskesmas Kanapanapa PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Minggu, 25 Desember 2011 10:47

 

MAWASANGKA Satu lagi bertambah Puskesmas di Kecamatan Mawasangka, setelah Bupati Buton, Nasruan SH meresmikan Puskesmas di Desa Kanapanapa, Sabtu (17/11). Berarti Puskesmas di Kecamatan Mawasangka kini ada tiga yakni Puskesmas Kecamatan Induk, Desa Wakambangura dan Kanapanapa. Dalam Sambutannya, Bupati Buton Nasruan mengharapkan, keberadaan tiga Puskesmas yang melayani 17 desa dan dua kelurahan tersebut maka tingkat kesahatan masyarakat semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan menurunnya angkat kematian ibu dan anak, menurunnya angka penyakit menular, meningkatnya perekonomian dan gizi masyarakat.



"Kepada para tenaga medis, agar senantiasa memberikan penyuluhan pada masyarakat, seperti cuci tangan sebelum makan. Ini penting diajarkan, bukan hanya kepada orang dewasa, namun kepada anak-anak juga," cetusnya.

Selain itu, pada peresmian gedung Puskesmat tersebut dirinya berharap kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan dan pemerintah kecamatan, agar tanah yang digunakan untuk pembangunan Puskesmas diurus dengan baik dan benar, karena tanah tersebut merupakan tanah wakaf dari masyarakat seluas setengah hektar.

"Maka kedua pihak ini diharapkan untuk mengurus proses tanah wakaf tersebut supaya ada hitam di atas putih, agar tidak terjadi persoalan dikemudian hari," tambahnya.

Menurut Nasruan, pembangunan Puskesmas merupakan salah satu pelaksanaan otonomi daerah, hakekatnya untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendekatkan pelayanan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunaan dapat menyentuh semua kepentingan masyarakat, misalnya fasilitas di bidang kesehatan.

"Saya sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi dengan diresmikannya Puskesmas ini. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Zuhudin Kasim MM mengatakan, sesungguhnya peresmian gedung baru di Mawasangka tersebut bukan hal yang baru. Pasalnya, sebelumnya telah dibangun di Desa Wakambangura tahun 2009. Kemudian Puskesmas Mawasangka Induk. "Ini dilakukan dalam rangka pemerataan pelayanan kepada masyarakat," kata Zuhudin.

Untuk Puskesmas Kanapanapa, lanjutnya, melayani enam desa yakni, Desa Tanailandu, Polidu, Air Batu, Terapung, dan Kanapanapa, dengan jumlah penduduk secara keseluruhan mencapai 6.500 jiwa. Diharapkan, keberadaan Puskesmas tersebut mengurangi beban dari dua Puskesmas yang ada.

Adapun tenaga medis di Puskesmas Kanapanapa rencana akan ditempatkan 10 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan dua Pegawai Tidak Tetap (PTT), diantaranya satu dokter dan bidan. Kendati demikian, tambah Zuhudin, jumlah pegawai di Puskesmas itu belum bisa melayani secara maksimal karena jumlah minimal tenaga medis di Puskesmas 15 orang. Namun persoalan ini akan diantisipasi dengan penerimaan PNS baru yang akan diatur penempatannya.

Ia berharap, seluruh tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Kanapanapa dapat bertanggungjawab secara penuh dalam melayani masyarakat, dan dalam memberikan pelayanan kepada pasien harus ramah, tepat, dan cepat.

Di tempat yang sama Camat Mawasangka, Sarifudin AS, sangat merespon diresmikan penggunaan Puskesmas Kanapanapa. "Saya atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih atas upaya pemerintah dalam hal peningkatan kesehatan masyarakat di Mawasangka," ungkapnya.

Dalam peresmian tersebut turut hadir Assisten I sekaligus pelaksana Sekda Kabupaten Buton, beberapa pejabat Eselon II dan III, para staf ahli, Kepala BPM, Kabag Humas dan Protokoler, Kepala Tapem, Camat Mawasangka Timur, Mawasangka Tengah, Camat Gu dan Tokoh Masyarakat.(p2)

 

Sumber : Radar Buton

 

 

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 26 Desember 2011 05:02
 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014