KEGIATAN SOSIAL DI SDN 2 KABUNGKA DAN KEGIATAN CINTA ALAM DI HUTAN DAN SUNGAI WINTO KABUNGKA ALA PESERTA SAIL INDONESIA 2015 DI PASARWAJO PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Tim Pengelola Website   
Minggu, 23 Agustus 2015 00:00

bulebansos1Sail Indonesia 2015 dirasakan sedikit berbeda dari event Sail Indonesia sebelumnya oleh Panitia Sail Indonesia Kabupaten Buton dan oleh para guide, karena sebanyak 10 kapal layar / yacht dan sebanyak 28 peserta dewasa dan 7 orang peserta anak-anak Sail Indonesia 2015 telah berada di ibukota Kabupaten Buton, Pasarwajo. Setelah diadakan Welcome Dinner sebagai penyambutan peserta Sai Indonesia 2015 secara resmi pemerintah Kabupaten Buton pada 4 hari sebelumnya, tepatnya tanggal 20 Agustus 2015.

 

Selama beberapa hari seluruh peserta Sail Indonesia 2015 telah mengunjungi spot-spot wisata andalan Kabupaten Buton, antara lain : Kampung adat yang berada di Kecamatan Wabula, Benteng Liwu Lipuoegana Takimpo di Kecamatan Pasarwajo, Kampung Bajo Bahari di Kecamatan Wabula, Kali Lakua yang berada ditengah-tengah kota Pasarwajo, dan beberapa tempat lainnya. Mereka sangat terkesan setelah melihat keindahan alam Buton.

                                                                                                                                                                                                                                  bulebansos2

Beberapa peserta Sail Indonesia utamanya crew kapal layar Sea Monkey yaitu Carlos, Sarah dan 2 anaknya Sydney dan Indi yang berasal dari Australia mempunyai niat selain mengunjungi tempat-tempat indah di Indonesia, mereka juga melakukan kegiatan sosial khususnya kepada anak-anak. Mereka meminta secara langsung kepada guide untuk dicarikan sekolah miskin yang ada di Kabupaten Buton sehingga barang-barang bantuan yang mereka bawa bisa tersalurkan. Terdapat puluhan buku tulis, buku gambar, pensil, pensil warna, poster huruf dan angka, buku-buku bacaan berbahasa Inggris, dan sebuah bola sepakbola di lengkapi pompa mini. Selain Sea Monkey, ada beberapa kapal peserta Sail Indonesia; Conrad, Anthem, Per Ardua dan Cati Mini juga turut dalam kegiatan sosial tersebut. Kembali, Kabungka menjadi tempat pilihan dalam kegiatan tersebut terpilihlah SDN 2 Kabungka untuk menjadi tempat kegiatan sosial setelah kunjungan peserta Sail Indonesia di air terjun Wining beberapa hari sebelumnya. Disamping itu Kabungka juga memiliki hutan dan sungai yang sangat indah.

 

Pagi hari tanggal 23 Agustus 2015, seluruh peserta Sail, panitia dan guide telah bersiap menuju Kabungka. Panitia telah menghubungi Kepala Sekolah SDN 2 Kabungka La Mane Ehu, S.Pd untuk menyampaikan kepada seluruh siswa-siswi agar dapat hadir. Dan, sebelum rombongan peserta Sail Indonesia bersama guide menuju Kabungka, Parlindungan Toruntju, ST dan Mulir, S.Pd.SD sebagai penunjuk jalan telah berangkat lebih dulu untuk memastikan kondisi hutan dan sungai aman. Tepat pukul 10.00 wita rombongan tiba di SDN 2 Kabungka, seluruh siswa telah bersiap dan sangat senang atas kunjungan peserta Sail sebagai tempat kegiatan sosial. Setelah bertemu dengan Kepala Sekolah dan guru-guru SDN 2 Kabungka, langsung menuju sebuh kelas. Kemudian, seluruh peserta Sail Indonesia menyapa seluruh siswa dan memperkenalkan diri. Carlos memperkenalkan diri dan istrinya Sarah, bersama dua anaknya Sydney dan Indi yang berasal dari Australia; Peter memperkenalkan diri dan dua anaknya Ira dan Lyla yang berasal dari Selandia Baru, menyusul peserta lain yan berasal dari Irlandia dan Brazil. Peserta Sail menyanyikan sebuah lagu kepada seluruh siswa SDN 2 Kabungka dan meminta seluruh SDN 2 Kabungka juga menyanyikan lagu bersama-sama. Setelah semua bantuan disalurkan, dilanjutkan menikmati kue-kue yang disediakan guru-guru, berfoto bersama dan mengucapkan selamat tinggal.

 bulebansos4

Selain mengunjungi sekolah, crew keempat kapal yacht tersebut juga meminta ingin melihat keindahan hutan, dan menikmati kesegaran sungai yang ada di Kabupaten Buton. Setelah mendengar permintaan dari beberapa peserta Sail Indonesia tersebut Panitia dan guide meminta bantuan Parlindungan Toruntju, ST sebagai sala seorang senior dalam kepramukaan yang sudah sangat mengenal dan memahami kondisi alam beberapa wilayah di Kabupaten Buton.

 

Beralih ke agenda selanjutnya yaitu menuju hutan untuk melakukan hiking. Hutannya sangat lebat dan terlihat tanaman rotan, pohon-pohon besar, dan pohon enau. 2 orang penunjuk jalan yang berasal dari Pramuka Kabupaten Buton, berada di depan rombongan yang hiking ke dalam hutan waktu itu. Kondisi jalan hutan yang agak sempit tidak menyurutkan niat para peserta Sail, khususnya anak-anak. Kurang lebih 1 km jarak hiking dalam hutan Kabungka, yang berakhir di sungai.

                                                                                                                                                                                                                                bulebansos5

Terlihat peserta menikmati namun agak kelelahan setelah hiking, tidak jauh dari jalan masuk ke hutan tepatnya berhadapan terlihat jalan masuk menuju spot sungai Winto berada dibawah jembatan. Setelah tiba di sungai Winto, kelelahan terbayar oleh kesegaran air sungai Winto. Kondisi geografis sungai Winto yang terdapat batu-batu tinggi namun mudah untuk digapai ditambah air sungai yang dalam membuat anak-anak peserta Sail melakukan loncatan-loncatan dari batu yang tinggi ke dalam air sungai. Kurang lebih 1,5 jam peserta Sail berada di Sungai Winto, kemudian kembali ke Pasarwajo pada pukul 13.25 wita.

Terakhir Diperbaharui pada Minggu, 27 Desember 2015 22:26
 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014