HARI PUNCAK FESTIVAL BUDAYA TUA BUTON 2015 BERHASIL MEMBUAT KAGUM PARA TAMU SAIL INDONESIA 2015 PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Tim Pengelola Website   
Senin, 24 Agustus 2015 00:00

posuo2015aKabupten Buton telah ketiga kalinya mengadakan Festival Budaya Tua Buton, yang pertama tahun 2013 dan pada tahun 2015 masuk tahun ke-3. Pada setiap tahunnya, Kabupaten Buton selalu menampilakan pagelaran budaya dan adat tua Buton yang sudah berumur ratusan tahun yang lalu dan masih terus lestari. Pada pagelaran budaya dan adat tua Buton tersebut dikemas dengan apik dan luar biasa. Masih dan tidak akan bisa dilupakan, gebrakan Bupati Buton dan Wakil Bupati Buton bersama jajarannya yang didukung penuh oleh masyarakat Buton waktu itu, sehingga dengan sukses Pagelaran Tari Kolosal Takawa 2013 – dengan jumlah 15.500 penari. Pada tahun 2014 juga dilaksanakan pagelaran yang sama namun, pada Tari Kolosal Takawa 2014 – terdapat 20.000 penari. Dan, pada tahun 2015 ini Kabupaten Buton lebih memfokuskan pelaksanaan salah satu budaya tua Buton yaitu Posua.

 

Tahun 2015 ini Pemda Buton melaksanakan Posuo Massal 450 gadis, Pikakandea 1000 talang, dan Pidole-dole 1000 bayi. Pada Senin, 24 Agustus 2015 pukul 09.00 Wita dilaksanakan acara puncak Festival Budaya Tua Buton 2015, dimana acara pertama adalah Pidole-dole (Imunisasi tradisional Buton) yang diikuti oleh ribuan bayi yang berumur dibawah 5 tahun.

                                                                                                                                                                                                                                 posuo2015e

Para peserta Sail Indonesia 2015 sangat antusias menyaksikan imunisasi tradisional tersebut. Mereka merasa kagum dengan Budaya Buton yang terus terjaga, sehingga walaupun masyarakat Buton juga hidup dalam pengaruh modernitas namun budaya yang berumur ratusan tahun tersebut masih tetap hidup dan selalu dilaksanakan oleh masyakarakat Buton.

 

Setelah Pidole-dole dalam jadwal peserta Posuo Massal berjalan dan berkumpul di satu titik tempat dilaksanakan Acara Puncak Festivaal Budaya Tua Buton 2015. Posuo adalah sebuah ritual yang diikuti oleh seorang anak perempuan yang telah akhil baliq, dan menjadi gadis remaja dan berubah status menjadi gadis dewasa. Dalam ritual tersebut, gadis tersebut dikurung disebuah kamar selama 4 – 7 hari.

 

Ada 2 tujuan dilaksanakan Posuo dalam masyarakat Buton, yaitu:

  

1. Membangun mental; memberikan pandangan tentang etika dan moral menurut aturan Islam. Mereka juga diberikan pemahaman tentang status mereka yang telah berubah dari anak-anak menjadi remaja dan gadis, selain itu mereka juga diajarkan bagaimana mereka bersikap dan berperilaku dalam keluarga dan lingkungannya, dan

           

2. Merawat fisik; dalam ritual Posuo selain mempercantik mental para gadis juga dilakukan ritual mempercantik fisik sebagai perempuan dewasa wajib merawat dirinya, misalnya seperti makanan yang baik untuk keindahan tubuh, tingkah laku, dan perawatan kecantikan.

                

 posuo2015j

Pukul 14.00 Wita dilaksanakan kirab atau karnaval yang diikuti oleh para gadis Posuo Massal yang berjumlah 450 orang. 450 gadis tersebut semua berasal dari Kecamatan Pasarwajo. Seluruh peserta Posuo Massal berkumpul di Galampa Pasarwajo Kambulabula Takimpo kemudian dilaksanakan ritual injak tanah oleh Sara Adat sebagai makna bahwa para peserta telah "lulus" dalam ritual Posuo tersebut. Iring-iringan suara alunan gamelan, gendang, dan gong khas Buton terdengar dan menambah keceriaan kirab Posuo Massal yang menuju Lapangan Sepakbola Pasarwajo dimana dilakasanakan acara puncak Festival Budaya Tua Buton 2015 disiang itu.

                                                                                                                                                                                                                              

Terdapat anak-anak kecil yang turut meramaikan acara Festival Budaya Tua Buton tersebut yang juga mengikuti kirab Posuo Massal berpakaian adat Buton. Terlihat seluruh tamu, pengunjuk yang berasal dari luar Kabupten Buton dan perserta Sail Indonesia 2015 menyaksikan kirab Posuo Massal tersebut dengan sangat semangat. Salah satu peserta Sail Indonesia 2015 yang berasal dari Hungaria mengatakan, "ini luar biasa, saya sangat menyukai budaya Buton. Apalagi baju-baju yang digunakan sangat warna warni. Saya sangat menyukainya".                                                              

                                                                                                                                                                                                                                 posuo2015b

Setelah semua peserta Posuo Massal yang berjumlah 450 orang tersebut telah berada ditempat acara. Acara Puncak Festival Budaya Tua Buton 2015 dimulai, diawali dengan pembacaan doa, sambutan oleh Perwakilan Kementrian Pariwisata RI dan sambutan terakhir oleh Bupati Buton. Terlihat turut hadir dalam acara tersebut, dari Kemerntrian Pariwisata RI, Walikota Baubau, Pj. Bupati Buton Tengah, dll. Terlihat antusias, warga Buton yang mengikuti acara tersebut. Terlihat sangat antusias adalah peserta Sail Indonesia sangat menikmati Festival tersebut. Pada hari puncak terdapat tiga acara, yaitu Pidole-dole, Posuo, dan Pikakandea. Acara puncak Festival Budaya Tua Buton 2015 ditutup dengan makan bersama 1000 talang disiapkan oleh Pemda Kabupaten Buton, dan seluruh elemen masyarakat.

Terakhir Diperbaharui pada Minggu, 27 Desember 2015 22:25
 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014