UJI GELAR ASPAL BUTON DI JALAN TOL CIPULARANG KM 109 JAWA BARAT PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Tim Pengelola Website   
Jumat, 13 November 2015 00:00

aspal1Akhirnya dibawah pimpinan Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun, SH dan Wakil Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si bersama jajaran menjadikan Aspal alam Buton semakin dikenal dan digunakan dalam pembangunan jalan raya. Acara Uji Gelar Aspal Buton pada tanggal 12 Nopember 2015 di jalam Tol Cipularang KM. 109 yang mengarah ke kota Bandung, dihadiri Wakil Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si dan Kepala Dinas PU Kabupaten Buton, Muhammad Rajulan, dan juga Komisaris Utama PT. Buton Asphalt Nasional (Butonas), Achmad F. Fadillah dan pihak-pihak yang terkait pada acara tersebut.


Komisaris Utama PT. Buton Asphalt Nasional (Butonas), Achmad F. Fadillah saat menghadiri acara Uji Gelar Aspal Buton di Tol Cipularang, Jawa Barat mengatakan pemerintah seyogyanya lebih banyak menggunakan aspal alam dalam pembangunan jalan raya di Indonesia. Mengingat ketergantungan pemerintah dalam pemakaian aspal minyak impor yang mengakibatkan beban devisa terus naik.

                                                                                                                                                               aspal2

Jika dikalkulasi kebutuhan aspal pertahunnya mencapai 1,2 juta ton dan seiring roda pembangunan yang terus naik juga memberi pengaruh terhadap penggunaan aspal yang juga terhitung naik. Pertamina sebagai BUMN hanya mampu menyuplai 400.000 ton/tahun, agar mencukupi kebutuhan aspal tersebut diadakanlah impor yang mencapai 800.000 ton/tahun, tingginya beban devisa diperparah oleh ketergantungan pada fluktuasi kurs dan harga minyak.


Munculnya Aspal alam Buton sebagai solusi ibarat angin segar bagi pemeritah. Aspal Butonas telah sering digunakan untuk pembangunan jalan nasional khususnya wilayah Timur. Sehingga sekarang ini diadakan ekspansi ke wilayah Barat. Aspal Buton hadir untuk membantu meringankan beban negara yang selama tahun 2015 ini pemakaiannya baru sebesar 86.000 ton, dikarenakan persediaan aspal memang masih terbatas; namun selalu ada rasa optimis jika pabrik besar PT. Butonas telah beroperasi, sangat yakin persediaan aspal alam sangat memadai.

aspal3

Selain itu, disebutkan pula bahwa cadangan proven aspal Buton sebesar 660 juta ton dan mampu menyumbang hingga selama 300 tahun kedepan pada kebutuhan aspal nasional.


Diagendakan Presiden Joko Widodo akan meresmikan PT. Butonas pada Februari 2016, sehingga dapat dipastikan setelah pabrik tersebut beroperasi aspal alam Buton sanggup menyuplai aspal diseluruh di Indonesia dalam jumlah yang banyak ditahun 2016 nanti.


Saat ini, PT. Butonas dengan dukungan Pemerintah Buton telah membangun beberapa pabrik aspal Buton jenis CPHMA (Cool Prefix Hot Mix Asphalt) proses panas hampar dingin yang kualitasnya sebanding bahkan lebih bagus dari aspal minyak di Banten, Kudus, Semarang, Surabaya dan Kendari. Pabrik tersebut berkapasitas 1 juta ton/tahun yang pembanguannnya berlokasi di Lawele, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

                                                                                                                                                               aspal4

Pembangunan pabrik tersebut merupakan sebuah tindak lanjut kebijakan pemerintah pada Permen No.35/M/PR.2006 tentang Peningkatan Penggunaan Asbuton untuk Pemeliharaan dan Pembangunan Jalan. Gayung bersambut dengan komitmen Presiden Joko Widodo agar lebih banyak lagi menggunakan aspal alam. Dan, seperti yang telah disampaikan oleh Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun,SH bahwa jika pabrik aspal tersebut telah dibangun, pabrik tersebut akan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak kurang lebih 5000 jiwa, kemudian yang paling penting dari penggunaan aspal alam Buton tersebut adalah dapat mensubstitusi aspal minyak antara 30 – 100 persen sehingga lebih menghemat anggaran.


Beberapa uji coba lain telah dilakukan di jalan-jalan dengan lalu lintas padat dan berat seperti aspal5Surabaya, Semarang dan Jalur Pantura. Dalam pengamatan selama 2 tahun ini belum ditemukan masalah. Ini bukti bahwa aspal Buton dengan teknologi yang dikembangkan saat ini sudah layak menjadi tuan dinegerinya sendiri.

Terakhir Diperbaharui pada Minggu, 27 Desember 2015 22:19
 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014