KABUPATEN BUTON MENGUTUS DELEGASI TERBANYAK PADA KARNAVAL BUDAYA DALAM RANGKA FESTIVAL KERATON NUSANTARA DAN MASYARAKAT ADAT ASEAN 2015 PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Tim Pengelola Website   
Kamis, 12 November 2015 00:00

1aFestival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat ASEAN tahun 2015 dibuka pada tanggal 12 November 2015. Semula event bertaraf internasional dan dilaksanakan 2 tahun sekali ini direncanakan akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, namun pada tanggal 11 November 2015 Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mendapat surat dari Sekretariat Wakil Kepresidenan dimana surat tersebut berisi kepastian bahwa Bapak Jusuf Kalla batal ke Kendari, karena Wakil Presiden RI memiliki agenda nasional rapat persiapan Pilkada serentak yang harus dihadiri oleh Wakil Presiden RI, dan kemudian diwakilkan oleh salah seoran menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK.


Pada event tersebut Kabupaten Buton yang mewakili Kesultanan Buton hadir dengan 600 delegasi,1f dan merupakan peserta terbanyak dalam Karnaval Budaya yang digelar pada pukul 14.00 Wita. Pada event tersebut dihadiri oleh para Raja, Ratu, Sultan, Pangeran dan utusan kerajaan se-Nusantara dan mancanegara. Turut hadir sebagai tuan rumah Gubernur Sulawesi Tenggara, dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, kemudian terlihat pula dihadiri oleh Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun; Walikota Baubau, Pj. Bupati Buton Tengah, dan Pj. Bupati Buton Selatan yang kesemuanya pemimpinan daerah di wilayah Buton.


Pada parade tersebut, penonton yang berada disepanjang jalan daerah MTQ kota Kendari sangat menikmati parade asal Kabupaten Buton. Terdapat 2 algojo yang membawa parang cukup besar. Pada zaman dulu, dikesulatanan Buton para algojo inilah yang akan menghukum mati para penjahat.

1b

Terlihat pada parade tersebut para Kepala SKPD dan seluruh staf Lingkup Pemerintahan Kabupaten Buton menggunakan pakaian adat Buton, yang berwarna warni. Baju-baju adat yang digunakan adalah Lonjo, Sakalati, Baju Koboroko khusus dipakai oleh wanita; sedangkan baju adat yang dipakai oleh laki-laki adalah Balahadada. Pada barisan depan terdapat, kelompok anak laki-laki penari Potimbe, kemudian berturut-turut diikuti oleh barisan 2 pasang muda mudi yang menggunakan baju Buton kreasi baru. Kemudian disusul oleh barisan penari Bosu.


Kirab budaya dalam rangkaian kegiatan Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat ASEAN 2015 berlangsung semarak. Kirab tersebut start di lapangan eks MTQ dan dilepas oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tenggara, H. Lukman Abunawas. Delagasi Lembaga Adat Tolaki (LAT) adalah delegasi pertama pada Kirab Budaya tersebut, disusul delegasi Kerajaan Laiwoi. Beberapa kerajaan luar Sulawesi Tenggara juga ambil peran, ada kerajaan Bulungan, Kalimantan Utara, disusul delegasi Kerajaan Matano Sulawesi Selatan dan Kerajaan Dompu Nusa Tenggara Barat (NTB).

                                                                                                                                                              1c

Keraton Buton yang paling menarik karena membawa 5 Kabupaten/Kota, utusan Kesultanan Buton membawa delegasi sebanyak 1.320 oran. Diawali delegasi kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Buton Utara dan Kabupaten Wakatobi. Kesultanan Buton ingin menunjukan bahwa Buton sangat kaya akan budaya dan Buton memiliki beragam tari, dan ragam busana khas daerah Buton.

Terakhir Diperbaharui pada Minggu, 27 Desember 2015 22:18
 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014