BUPATI BUTON : PELAKSANAAN PESTA ADAT, LAMBANG IDENTITAS BUTON PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Tim Pengelola Website   
Senin, 09 May 2016 15:03

pesta adat kaongkePelaksanaan pesta adat yang tersebar di beberapa daerah di wilayah Kabupaten Buton meruapakan identitas Budaya Buton yang merupakan warisan turun temurun yang sampai sekarang masih terpelihara dengan baik.

“Pesta adat juga menggambarkan suatu kemufakatan masyarakat adat dalam melakukan pekerjaan, baik menyangkut kepentingan desa maupun kepentingan yang lebih luas demi kemaslahatan masyarakat secara menyeluruh,” demikian Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun dihadapan pemangku adat Desa Kaongke-ongkea, Kecamatan Pasarwajo pada Acara Pesta Adat di desa tersebut yang dipusatkan di Baruga Kaongke-ongkea.

Ketua DPP PAN Kabupaten Buton ini mengungkapkan pesta adat yang diselenggarakan masyarakat Kaongke-ongkea sebagai perwujudan rasa syukur atas keberhasilan panen dan untuk menghadapi musim panen berikutnya merupakan salah satu bentuk dimana orang tua Buton begitu sensitive dengan alam dan kepentingan masyarakatnya.

“Segala sesuatu yang dilakukan secara bersama melalui musyawarah mufakat dan diputuskan secara bersama sama pula akan semakin menguatkan ikatan moril. Dan ini telah dilakukan sejak leluhur kita pada zaman dahulu. Sebenarnya tradisi ini sudah menyelimuti hati para leluhur kita di 72 kadie yang ada dalam Kesultanan Buton. Bagi Umar Bakry semua itu adalah aset kekayaan bangsa yang sangat membanggakan, sehingga kami tuangkan dalam visi dan misi Umar Bakry yakni menjadikan Kabupaten Buton sebagai satu kawasan bisnis dan budaya terdepan,” kata pasangan La Bakry ini.

pesta adat kaongke-ongkea1Dikatakannya, pihaknya juga sedang gencar-gencarnya melakukan sebuah langkah untuk menjadikan Buton sebagai daerah budaya terdepan. Langkah itu diwujudkan dengan mempromosikan Budaya Buton sebagai komitmen umar bakry dalam memajukan dan memperkenalkan Budaya Buton.

Adat itu adalah identitas bangsa yang kemudian teraplikasi menjadi identitas diri kita dalam bentuk seni dan budaya. Dan semua itu terproses dalam visi misi Umar Bakry. Saya juga ingin menjadikan Kabupaten Buton sebagai sebuah daerah yang memiliki kekayaan budaya begitu besar yang bisa hadir dalam wujud Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

“Identitas budaya inilah yang mesti kita banggakan sebagai warisan leluhur Buton, Daerah Eks Kesultanan Buton. Dan kekayaan budaya inilah yang mendorong kita semua untuk secepatnya mempercepat pembentukan Daerah Otonom Baru yakni Provinsi Kepulauan Buton,” katanya.

Perjuangan ini kata Bupati Buton sudah lama disuarakan. “Bahkan ketika saya masih jadi Ketua DPRD Kabupaten Buton, sudah berteriak lantang di hadapan Komisi II DPR RI untuk menjadikan Buton yang dulunya sebagai eks Kesultanan Buton menjadi sebuah provinsi,” kata Bupati Buton.

 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014