ASPAL MENJADI ANDALAN KABUPATEN BUTON PADA PASAR MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Tim Pengelola Website   
Kamis, 23 Juni 2016 03:59

tambang aspalMasyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) mulai diberlakukan termasuk Indonesia. MEA adalah singkatan untuk Bahasa Indonesia. Perlu disosialisasikan kepada masyarakat apa yang dimaksud dengan MEA. MEA adalah bentuk kerjasama antar anggota-anggota ASEAN yang terdiri dari Brunei, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Melalui MEA yang diawali tahun 2016 terjadi pemberlakuan perdagangan bebas di kawasan ASEAN. Sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antar negara-negara ASEAN.

Jelas dengan berlakunya MEA atau AEC yang dimulai tahun 2016 ini persaingan usaha akan semakin sengit. Apakah masyarakat di Indonesia umumnya atau masyarakat Kabupaten Buton khususnya sudah siap dalam menghadapi persaingan yang teramat ketat selama MEA ini? Beberapa persyaratan umum harus dimiliki sebuah negara supaya produk barang dan jasa bisa bersaing antara negara ASEAN dan haruslah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, cerdas, kompetitif, dan memiliki produk andalan dalam persaingan pasar MEA tersebut.

Menyambut kuatnya arus globalisasi dewasa ini membuat seluruh kota/kabupaten di seluruh Indonesia harus bersiap menghadapinya, tidak terkecuali Kabupaten Buton. Dalam era bebas ini, Kabupaten Buton siap menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dimana aspal akan menjadi komoditi paling diunggulkan dalam persaingan produk pasar MEA.

Bupati Buton menjelaskan melalui Buton Aspal Nasional (Butonas) dimana peresmiannya akan diresmikan oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, sehingga aspal Buton dapat dipasarkan di negara ASEAN, dan bukan tidak mungkin juga dapat dipasarkan diluar kawasan ASEAN. Aspal Buton selain sebagai bahan utama pengasapalan jalan raya juga dapat digunakan sebagai bahan baku industri, dan item tersebut juga menjadi pasar bagi Aspal Buton kedepannya, dan sudah dapat dipastikan segi kualitasnya mampu bersaing.

Pemerintah Kabupaten Buton sudah menyiapkan peningkatan sumber daya manusia baik melalui pendidikan formal maupun non formal hingga mendirikan balai latihan kerja. Kesemuanya itu bertujuan agar generasi muda Kabupaten Buton lebih terlatih, lebih inovatif dan kompeten dibidang masing-masing dan pastinya dapat bersaing dengan tenaga kerja diluar.

 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014