SEMINAR RENCANA INDUK PELESTARIAN KEBUDAYAAN PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Kamis, 10 November 2016 13:47

seminar budaya 1Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buton Effendi Kalimuddin, SH, MH membuka secara resmi Seminar Rencana Induk Pelestarian Kebudayaan Daerah Kabupaten Buton, Kamis 10 November 2016 di Gedung Serbaguna Wakaakaa Pasarwajo. Seminar ini merupakan kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Buton (UMB). Kegiatan ini di mulai dari pukul 10.00 wita yang hadiri oleh Ketua dan beberapa Anggota DPRD Kab. Buton, Plh Sekda, para Kepala SKPD, Camat, Lurah, Kades, dan para perwakilan tokoh masyarakat se-Kabupaten Buton.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Buton Effendi Kalimuddin mengatakan kebudayaan adalah keseluruhan gagasan, perilaku dan karya manusia atau kelompok manusia baik bersifat fisik maupun non fisik, yang diperoleh melalui proses belajar dan adaptasi terhadap lingkungan.

Dalam sistem NKRI kata dia, kebudayaan itu sendiri dilindungi oleh UUD 1945. dimana Pelestarian Kebudayaan Bangsa kearah pemenuhan hak asasi manusia, pemajuan peradaban, persatuan dan kesatuan serta kesejahteraan Bangsa Indonesia.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Buton sebagai ujung tombak penyelenggaraan Pemerintahan mempunyai kewajiban melestarikan kebudayaan guna memperkokoh jati diri bangsa dan martabat dalam mempererat persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI,” katanya.

Effendi melanjutkan, Kebudayaan Buton telah ada sejak terbentuknya Masyarakat Buton dalam suatu kerajaan atau kesultanan sehingga terus berlanjut dan berkembang sampai hari ini dan masa akan datang. oleh karena itu, Buton sebagai Daerah Otonom juga memiliki kewajiban untuk turut serta melestarikan Kebudayaan Daerah.

“Pelestarian Kebudayaan tersebut dilakukan melalui kegiatan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, pembinaan dan pengawasan budaya sesuai kearifan lokal yang ada di daerah,” ujarnya.

seminar budaya 2Secara umum Pemerintah Daerah Kabupaten Buton telah merumuskan kebijakan pembangunan kebudayaan daerah melalui Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Pendek Daerah. Namun mengingat cakupan Kebudayaan Buton yang luas, maka diperlukan regulasi tersendiri mengenai Kebudayaan Daerah yang dituangkan dalam suatu Rencana Induk Pelestarian Kebudayaan Daerah.

Untuk itu, Pemda Buton bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMB, telah melakukan penelitian dan pengkajian berbagai objek dan potensi Kebudayaan Daerah. Termaksud nilai-nilai kearifan lokal budaya untuk merumuskan bentuk rencana pelestarian kebudayaan.

“Sehingga hasil kajian tersebut diharapkan pelestarian Kebudayaan Daerah ini dapat dikembangkan dan dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat dengan tetap menjaga keasliannya,”harapnya.

Di akhir sambutannya Effendi menambahkan, agar seluruh Masyarakat Kabupaten Buton terlibat secara aktif dalam melestarikan kebudayaan, “apa yang telah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Buton saat ini bisa memberikan motivasi kepada masyarakat agar dapat terlibat secara aktif melestarikan kebudayaan,” ujarnya.

 

Potensi Daerah

Potensi Pariwisata

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perindustrian

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Kehutanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Peternakan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perkebunan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Perikanan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Potensi Pertambangan

26 Des 2011 Potensi Daerah

Suara Warga

Admin Pusat Pelatihan Aparatur Negara
Salam Hangat Kami bermaksud untuk Mengadakan BIMTEKNAS. sebagai informasi bisa kunjungi web kami www.infoppan.com dan kami bermaksud untuk mengirimkan panflet di setiap kabupaten kota. terima kasih sebesar-besarnya Hormat kami PPAN
Kamis, 15 May 2014
samsul
tolong diperbaruhi situs ini tiap minggunya... bair ada berita terbaru yang membuat pembaca sering membukan situs ini...
Senin, 28 April 2014