BBPSDMP Kominfo Makassar Kembali Gelar Pelatihan dan Sertifikasi
  • Admin
  • 04 Agustus 2022
  • 17 x

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Makassar bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buton menyelenggarakan kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi bagi Angkatan Kerja Muda di Zenith Hotel Baubau, Rabu, 3 Agustus 2022.

Peserta pelatihan berjumlah 55 orang dan akan di bagi menjadi dua jenis skema pelatihan yaitu 30 peserta untuk Data Manajemen Staff (DMS) dan  25 peserta Junior Network Administrator (JNA) yang akan dibimbing narasumber dari Balitbang SDM Kominfo Makassar. 

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton Ir. Sudirman pada saat membuka kegiatan pelatihan VSGA ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPSDMP atas bentuk kerja samanya sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik. 

"Terima kasih atas penghargaan kesediaan alokasi kegiatan pelatihan di wilayah kami semoga ke depannya kegiatan lain tetap dialokasikan di wilayah kerja kami," kata Kadis Kominfo

Selain itu Kadis Kominfo juga berpesan kepada peserta untuk mengikuti dengan baik dan tekun sehingga bisa mendapat sertifikat yang mana salah satunya bisa dijadikan untuk mencari pekerjaan. 

"Salah satu kegiatan Kementerian Kominfo melalui Balai Besar ini mempersiapkan generasi kedepan untuk bisa bersaing. Apalagi sertifikat yang diperoleh nantinya bersifat nasional," sambung Kadis Kominfo. 

Kadis Kominfo memamaprkan Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional atau SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang ditujukan bagi Angkatan Kerja Muda lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja dan memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan skema pelatihan yang dipilih.

“Dengan adanya pelatihan dengan basic sekolah vokasi seperti ini, tentu memberikan bekal kepada lulusan sekolah maupun pendidikan tinggi untuk menambah skill dan kualifikasi diri, sebagai bekal menghadapi dunia kerja, atau pun dunia wirausaha,” katanya.

Mantan Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Buton ini berharap peserta pelatihan agar memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, karena tentunya para peserta sekalian akan mendapatkan sertifikasi VSGA setelah lulus ujian kompetensi, sehingga dengan adanya sertifikasi ini selain menerima sertifikat juga memiliki kemampuan digital yang mumpuni sehingga mampu bersaing dalam persaingan global.

Ditempat yang sama kepala BPSDMP DR. R.M Agung Harimurti, M.Kom. mengatakan ini adalah beasiswa digital untuk mendapatkan sertifikasi yang berlaku Nasional selama 2 tahun karena adalah kompetensi sehingga harus terus diupgrade. 

"Kami dari kementerian Kominfo memberikan beasiswa pelatihan dan sertifikasi ada yang lulusan SMK, sarjana, ASN, UMKM, pimpinan daerah, Guru sehingga semua bisa bersainh di era digital," tuturnya.

Disampaikan juga Indonesia saat ini mempunyai potensi digital yang tinggi oleh karena itu kementerian Kominfo melalui BPSDMP memberikan pelatihan beasiswa digital sehingga bisa bersaing untuk era kedepannya.