Bupati Lantik Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si, sebagai Sekda Buton
  • Admin
  • 03 Agustus 2022
  • 8 x

Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si. secara resmi melantik Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si. sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Buton berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Buton Nomor 282 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kabupaten Buton. 

Bertempat di Aula Malige Daona Wajo, Rujab Bupati Buton Pasarwajo pelantikan Jenderfal ASN Buton tersebut di hadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Buton. 

Asnawi Jamaluddin sebagai Kadis Sosial Kabupaten Buton menggantikan Sekda Lama, Ir. La Ode Zilfar Djafar, M.Si. yang memasuki purna tugas setelah melaksanakan pengabdian di Bumi Penghasil Aspal itu selama 4 tahun 5 bulan.

Bupati Buton mengucapkan selamat kepada Sekda Kabupaten Buton terpilih Asnawi Jamaluddin S.Pd., M.Si. atas amanah baru yang diberikan hari ini. 

"Selamat atas jabatan baru sebagai Sekda. Saya yakin teman-teman OPD semua mendukung dan semoga dengan kehadiran beliau, kita bisa kerjasama dalam agenda pembangunan yang kita cita-citakan bersama,” ucap Bupati Buton.

Bupati juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada mantan Sekda Buton, Ir. La Ode Zilfar Djafar M.Si. yang telah memasuki masa pensiun tepat pada 1 Agustus 2022.

“Setelah serah terima jabatan menandai bahwa Sekda lama sudah selesai laksanakan tugasnya, saya mewakili Pemerintah Kabupaten Buton dan seluruh masyarakat memberi apresiasi kepada Mantan Sekda Ir. La Ode Zilfar Djafar M.Si dan keluarga yang telah berdedikasi selama ini,” kata Bupati Buton. 

Bupati mengatakan Kabupaten Buton berhasil mendapatkan Opini WTP 9 kali berturut-turut, karena kerja keras dari Bapak Ir. La Ode Zilfar Djafar, M.Si. dan seluruh jajaran yang masih ada maupun yang sudah purna tugas sehingga dapat terimplementasi dengan baik ditengah keterbatasan anggaran.

“Dengan keterbatasan pendapatan asli daerah kita terus berusaha keras mewujudkan sedikit-demi sedikit apa yang menjadi cita-cita pemerintah daerah dan masyarakat. Dengan segala kekurangan Alhamdulillah Buton hari ini sudah bisa kita lihat, meskipun masih banyak yang kita benahi dan perbaiki terutama di sekitaran ibukota,” ungkap Bupati.

Lanjutnya Bupati menjelaskan bahwa konsep awal pembangunan Pemerintah Daerah Buton dimulai dari pinggiran, kemudian baru masuk ke ibukota. Sebab, daerah pinggiran relatif masih tertinggal dari segi infrastruktur wilayah, perekonomian dan sebagainya.

Terkait penataan Ibukota yang belum terselesaikan, Bupati menyampaikan kepada Sekda yang baru dilantik Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si. agar mendiskusikan hal tersebut dengan Penjabat Bupati yang akan menggantikan dirinya pada saat masa jabatannya berakhir 24 Agustus 2022 mendatang.

“Pak sekda nanti didiskusikan dengan PJ dan seluruh jajaran agar tahun yang akan datang kita sudah bisa fokus pembenahan ibukota seperti pembangunan trotoar, drainase, lampu jalan dan sebagainya sehingga kota ini memperlihatkan sebuah kota kecil seperti yang diimpikan kita semua,” pintanya.

Bupati Buton juga menyampaikan salah satu program yang terus diperjuangkan sampai saat ini yakni pemanfaatan aspal Buton. 

“Beberapa waktu yang lalu saya juga sudah mengirim surat ke Presiden, tentang dibutuhkan sebuah formulasi kebijakan atau instruksi presiden untuk mendorong investor dan mendorong pemakaian aspal Buton secara nasional, sehingga membantu dan mengangkat perekonomian daerah yang sama-sama kita cintai ini” jelasnya. 

Diakhir sambutannya Bupati juga menyampaikan permintaan maaf kepada Sekda sebelumnya dan mengapresiasi bentuk integritas terhadap tugas dan kinerjanya. 

Asnawi Jamaluddin sebelum menjabat sebagai Sekda Buton, merupakan kepala Dinas Lingkungan Hidup dan terakhir sebagai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton. 

News :  

Akbar Haiqal HAT, S.I.Kom (Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi/Kominfo)

Foto : 

Yunaldi Indra (Pratana Fotografi/Kominfo)

Agung  (Pratana Fotografi/Kominfo)


Dinas Komunikasi & Persandian Kabupaten Buton

Bagian Protokoler & Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Buton