Pertamina Akan Survei Potensi Migas di Kabupaten Buton
  • Admin
  • 30 Juli 2022
  • 15 x

Pemerintah Kabupaten Buton bersama PT Pertamina Hulu Energi menyelenggarakan Sosialisasi Survei Seismik 2D Mutizona Area Buton  di Aula Bupati Buton Kompleks Perkantoran Takawa, Jumat pagi , 29 Juli 2022.

Kegiatan Sosialisasi dibuka Bupati Buton, Drs. La Bakry MSi dan dilanjutkan dengan sosialisasi kegiatan survei seismik 2D Mutizona dan penandatanganan Berita acara sosialisasi antara Pemerintah Kabupaten Buton dengan pihak PT. Pertamina Hulu Energi. 

Orang nomor satu di Buton sangat menyambut baik rencana survei seismik dari Pertamina tersebut dan berharap adanya sumber minyak nantinya bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Buton.

"Mudah-mudahan ini menjadi berkah bagi kita semua Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara maupun Indonesia untuk mencapai target Presiden 2030, kita bisa mencapai 1 juta barel per hari," kata Bupati Buton.

Bupati Buton juga berpesan agar dalam pelaksanaan survei seismik nantinya, dapat melibatkan tokoh adat setempat untuk mendoakan agar dalam pelaksanaannya berjalan lancar dan apa yang diharapkan bisa terwujud. 

Humas Survei Sesmik, Novian Kurnia Putra mengatakan, survei seismik ini merupakan kegiatan eksplorasi yang paling awal guna mendapatkan data lapisan bawah bumi.

Kegiatan survei seismik tersebut lanjut dia, melintasi tiga kecamatan yakni Kecamatan Lasalimu, Lasalimu Selatan dan Siotapina. Tiga kecamatan itu merupakan lokasi yang diperkirakan memiliki potensi migas cukup tinggi.

“Kegiatan survei seismik kali ini melewati tiga kecamatan saja. Ini tindak lanjut dari survei seismik sebelumnya sekitar tahun 2008. Data yang didapatkan di tahun 2008 itu digunakan sebagai acuan di tahun 2022,” 

Novian mengungkapkan metode yang digunakan dalam proses survei seismik kali ini menggunakan sensor penerima yang lebih optimal dalam menerima sinyal. Pasalnya, survei tidak hanya dilakukan di darat, melainkan juga di wilayah laut.

“Kalau di tahun 2008 berlangsung di darat, kali ini kita langsung di laut juga. Jadi kegiatan survei seismik yang ada di laut itu baik dari wilayah laut dangkal maupun dalam. Ini untuk mendapatkan data lapisan bawah bumi yang berada di wilayah laut,” sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan survei seismik akan dilaksanakan anak perusahaan Pertamina yakni PT Elnusa. Dalam pelaksanaannya akan melibatkan pemerintah setempat baik itu dari pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan hingga pemerintah desa.


Penulis:  Dian Sasmita, S.I.Kom (Analis Humas/Kominfo)

Akbar Haiqal HAT, S.I.Kom (Penyusun Bahan Informasi dan Publikasi/Kominfo)

Foto: Agung (Pratana Fotografi/Kominfo)


Dinas Komunikasi & Persandian Kabupaten Buton

Bagian Protokoler & Komunkasi Pimpinan Setda Kabupaten Buton